ULASAN 2 - PROCESSES WEEK06

Video yang dibahas pada ulasan ini berjudul "Processes - Part I". Video ini milik akun youtube Mike Murphy, dan sampai saat ini memiliki 55,055 views sejak di-upload pada tanggal 17 Oktober 2011. Video ini berdurasi 9 menit 38 detik. Untuk melihat video ini, silahkan mengakses URL https://youtu.be/TIa2mhKCeYo

Di dalam video ini, dibahas mengenai introduction dari materi Processes. Topik-topik yang dibahas antara lain model proses, tipe informasi yang ada, process state, dan sedikit concept dari forking. Video dimulai dengan pemaparan definisi dari proses dalam konteks ini. Proses dapat terdiri dari satu atau lebih thread, yang bisa dijalankan satu persatu atau bersamaan. Dalam memory, proses dibagi ke dalam beberapa segmentasi diantaranya stack(variabel lokal), heap(memory secara dinamik dialokasikan oleh program), variabel global, dan text(program code dan read only data yang lain).

Setiap proses dalam sistem memiliki alokasi memory. Selain itu, OS harus mengetahui resources yang digunakan oleh program instance seperti file dan network conenctions apa yang sedang dibuka. Untuk me-manage sebuah proses, perlu diketahui PID dan informasi mengenai owner. OS juga mengumpulkan informasi mengenai CPU time dan memory usage. Di dalam video ini, narator juga menceritakan process states menggunakan diagram. Setelah itu, narator menjelaskan konsep forking yang diawali dengan penjelasan mengenai parent dan child process, shared resources, dan cooperating process.


Menurut saya, video ini sangat membantu dalam pemahaman dasar mengenai processes. Pemahaman dasar ini sangat penting untuk memahami materi-materi selanjutnya. Materi dipaparkan secara men-detail dan disampaikan dengan jelas dan runut oleh narator yang merupakan seorang assistant professor. Walaupun konsep video dan slides yang ditampilkan bisa dibilang monoton, namun menurut saya video ini sudah cukup lengkap dan menggambarkan materi dengan baik, terutama melalui diagram (pada bagian process state) dan penjelasan dari Dr. Mike Murphy sendiri yang berbicara dengan tegas dan jelas.

Github Account : jihanadibah
Durasi : 9 menit 38 detik
Video Author : Mike Murphy
Pemetaan : week06
Revisi pertama : 19 Mei 2017
Revisi terakhir : 19 Mei 2017




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING07

RANKING09